Catatan Penting Seputar MUBES BaSE FORUM

Alhamdulillah, tanggal 17 Februari 2013 lalu, MUBES BaSE FORUM akhirnya dapat terlaksana. Walaupun jauh dari ideal, setidaknya suksesi kepemimpinan dapat berjalan dengan baik dan yang terpenting AD/ART sebagai acuan organisasi telah disepakati. 

Namun ada beberapa catatan penting yang sangat perlu untuk diperhatikan dan dijadikan pelajaran dalam MUBES BaSE FORUM kemarin,

1. Dalam sebuah musyawarah adalah hal yang sangat lumrah untuk beradu pandangan/argumentasi, bahkan dalam beberapa hal seperti itu perlu dilakukan. Namun yang terpenting dalam menyampaikan pendapat adalah bahwa pendapat-pendapat yang disampaikan bukan untuk/karena menunjukkan kehebatan-kehebatan diri atau menunjukkan pengaruh-pengaruh diri, tapi untuk kebaikan dan kemajuan organisasi. Karena itu sangat penting ketika mengawali dan mengikuti musyawarah untuk mensterilkan hati kita dari kepentingan pribadi atau kelompok.Musyawah adalah sebuah mekanisme pengambilan keputusan yang sangat mulia dalam Islam, dan menjadi salah satu sarana yang baik untuk memperoleh pahala, jangan sampai kebaikan-kebaikan dari aktivitas musyawarah menjadi hilang dari kita karena tidak lurus dan tulusnya hati kita.


2. Dalam sebuah organisasi adalah sebuah kemestian memberikan kontribusi didalamnya, dan insyaallah melalui kontribusi inilah kebaikan-kebaikan akan diperoleh. Menyebut-nyebut kebaikan dan kontrbusi kita dalam sebuah organisasi secara verbal terlebih didepan umum adalah hal yang sangat tidak etis, lebih dari itu sikap seperti itu hanya akan menjadikan amal-amal, kelelahan, dan pengorbanan kita menjadi sia-sia dan tak lagi bernilai. Amal-amal kita akan menguap seperti asap yang terbang begitu tinggi namun tak lagi punya nilai dan arti. Dan dari sisi lain, bisa saja ada orang lain yang tidak kita tahu ternyata memiliki kontribusi jauh lebih besar dan vital daripada yang kita lakukan. Semoga Allah karuniakan kita pada hati yang tawadhu.

3. Organisasi adalah kumpulan item-item yang terstruktur dan termenej, didalamnya terdapat aturan-aturan baku baik berbentuk tertulis atau tidak tertulis. Dalam sebuah organisasi otoritas harian tertinggi adalah ada pada ketua, karena itu patut bagi kita mentaatinya. Jika seandainya sesekali ketua memutuskan suatu perkara yang mungkin tidak sesuai dengan pendapat kita, maka tetap menjadi kewajiban para anggotanya untuk mentaatinya. Karena kputusan ketua adalah keputusan organisasi. 

4. Dalam aktivitas Musyawarah bahkan mayoritas aktivitas organisasi pada dasarnya adalah aktivitas mengajukan pendapat yang jika kita analogikan dalam ranah fikih termasuk dalam ranah ijtihad yang furu'. Karena itu kerap kali dalam hal ini akan memunculkan perbedaan pandangan. Mengutip seperti yang sering dijadikan prinsip para ulama fikih, bahwa keluar dari perselisihan adalah lebih utama. Maka mentoleransi pendapat-pendapat yang ada selama tidak melanggar prinsip-prinsip kebaikan adalah hal lebih baik. Karena itu penting untuk kita memiliki ranah-ranah toleransi dalam perbedaan pandangan, karena hyper kritis terhadap pendapat orang lain dalam perkara-perkara furu adalah hal kurang baik dan sangat tidak diperlukan.

5. Tidak bosan disampaikan bahwa selain terus berkontribusi mengembangankan ekonomi syariah di Banten, kami tekankan kembali bahwa pentng bagi BaSE FORUM menjaga stabilitas kebaikan-kebaikan yang ada di SEBI, jikapun BaSE FORUM belum bisa memberikan kebaikan-kebaikan tersebut setidaknya jangan sampai BaSE FORUM menyumbangkan keburukan.

Demikian beberpa catatan penitng yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua untuk bisa lebih cerdas dan beretika ketika mengikuti musyawarah. Akhirnya semoga allah mengistiqomahkan kita dalam jalan kebaikan dan ketaqwaan. Amiin.
Depok, 10 Rabiul Tsani 1434