Tips Sederhana Sukses Ramadhan

Ramadhan adalah bulan mulia yang penuh keberkahan, dan agar maksimal mendapatkan kebaikan-kebaikan tersebut ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan persiapkan. Berikut ini adalah tips-tips sederhana agar ramadhan kita sukses:

Persiapan yang matang
Dalam sebuah riwayat disampaikan bahwa para sahabat selalu menyiapkan diri ketika memasuki bulan-bulan yang mendekati ramadhan, bahkan Ali bin Abi Thalib menyiapkan diri semenjak 6 bulan sebelum ramadhan. Persiapan-persiapan tersebut dapat dikelompokkan dalam beberapa bentuk:

a. Persiapan Ilmu, pelajari kembali fiqh shiyam dengan mengikuti kajian-kajian keagamaan atau membaca buku-buku yang membahas tentang puasa.
b. Persiapan Ruhiyah, mendekati bulan ramadhan intensifkan kembali hubungan kita terhadap Allah SWT, karena hanya oran-orang yang dekat dengan Allah saja yang akan merasakan keberkahan dan kebahagiaan di Bulan Ramadhan
c. Fisik, dalam Hadits yang disampaikan Aisyah dan diriwayatkan oleh Bukhori bahwa Rasulullah banyak berpuasa pada bulan sya’ban. Salah satu hikmahnya adalah agar kondisi kesehatan kita tetap terjaga selama berpuasa ramadhan karena tubuhnya kita telah dilatih pada bulan sya’ban.
d. Materi, siapkan materi secukupnya juga penting agar pada bulan ramadhan kelak kita dapat maksimal berinfaq, dan juga melakukan ibadah-ibadah maaliyah yang lain

Ubah Persepsi
Ramadhan bukanlah bulan training tapi bulan ujian. Persepsi yang menyatakan bahwa ramadhan adalah bulan training membuat kita kurang maksimal menjalankan ibadah-ibadah didalam ramadhan, karena seperti pada umumnya training, kekeliruan dan ketidaksungguhan dianggap hal lumrah.

Tapi kesungguhan akan hadir ketika kita menganggap ramadhan sebagai bulan ujian, karena kita akan merasa sangat mrugi saat melakukan kekeliruan-kekeliruan pada bulan ramadhan.

Manajemen Waktu
Buat manajemen waktu yang baik dan skala prioritas agar kita bisa maksimal melakukan ibadah.

Bojong Sari, 23 Sya’ban 1432